ab

Tuesday 2 September 2014

EFEK BURUK DARI MEMBACA

LOH KOK GITU? Katanya kita harus banyak membaca..... Di Postingan sebelumnya kita disarankan untuk banyak membaca buku supaya banyak ilmu tapi kok ini ada dampak buruknya?

EITS jangan salah sangka dulu..... Ternyata bukan membacanya loh yang punya dampak buruk, tapi usut punya usut ternyata cara menikmati bacaannya itu yang bermasalah. Banyak orang membaca buku dengan cara tiduran. Memang bagi sebagian orang, membaca sambil tiduran lebih nyaman dari pada membaca sambil duduk. Kita akan merasa lebih rileks dan lebih bisa menikmati apa yang sedang kita baca. Tapi ternyata, aktifitas membaca seperti ini bukan tanpa resiko. 

Berikut ini ada beberapa fakta unik mengenai cara menikmati bacaan.
  1. Kalian pernah mendengar kan..... membaca buku sambil tiduran dapat menyebabkan mata menjadi minus atau silinder. Tapi faktanya bukan posisi tidurnya yang menjadi penyebab utama mata menjadi minus atau silinder akan tetapi arah lampu penerangannya lah yang menyumbang besar terhadap resiko ini. Ternyata saat membaca sembari tiduran, cahaya penerangan dari lampu yang kita pakain menjadi tidak rata, Berbeda dengan membaca sambil duduk. OOOO begitu tooo......
  2. Kata dokter spesialis mata biar mata kita tetap normal disarankan untuk mengkonsumsi Wortel. Mmmmm ternyata mata minus atau silinder akibat membaca sambil tiduran tidak dapat dicegah hanya dengan mengkonsumsi wortel. Memang wortel memiliki kandungan Vitamin A yang memang sangat baik untuk menjaga kesehatan Mata kita. Akan tetapi tidak dapat mencegah gangguan mata secara langsung jika tidak dibarengi dengan cara membaca yang benar.
  3. Berikut ini adalah cara membaca yang baik menurut penulis, yaitu dengan cara duduk tegap, kepala tegak sedangkan mata mengarah ke sumber bacaan dengan jarak kisaran 25cm sampai 30cm. Untuk penerangannya sendiri disarankan untuk menggunakan bola lampu dengan ukuran 40 Watt disertai dengan filter. Dan sinarnya sendiri kudu terpusat ke sumber bacaan dengan baik.
  4. Kalau ini ada cara yang rileks membaca sambil tiduran tanpa takut mata menjadi rusak. Saat membaca sebaiknya gunakan bantal untuk menyangga punggung sampai kepala agar menjaga posisi tubuh dan kepala tetap tegak. Yang perlu diingat Jangan sekali-sekali membaca dengan posisi tengkurap. Karena hal ini akan menghambat aliran darah dari leher ke otak serta tekanan ke mata akan menjadi lebih besar.
  5. Durasi yang disarankan untuk kalian yang hobi membaca paling lama adalah 1 jam. Jika ingin melanjutkan bacaan yang kita baca disarankan istirahat minimal 15 menit. Nah saat istirahat setelah membaca disarankan untuk mengalihkan penglihatan ke objek-objek yang alami seperti melihat dedaunan hijau pada tanaman atau menatap birunya langit. Hal ini dimaksudkan mengembalikan fungsi warna pada mata sehingga menjadi normal kembali setelah banyak membaca.
  6. Disarankan untuk kalian yang memiliki hobi membaca untuk dapat memilih bahan bacaan yang memiliki ukuran huruf yang nyaman dimata, tidak terlalu kecil atau terlalu rapat. Hal ini sangat penting terutama untuk bacaan anak-anak. Pilihlah bacaan yang memiliki kontras warna sesuai dengan umurnya.
  7. Membaca sambil mengendarai kendaraan ternyata memaksa otot mata bekerja lebih keras karena tidak stabil. So, Hidari kebiasaan membaca sambil mengendarai kendaraan... terutama bagi yang hobi SMSan di kendaraan.. selain menyebabkan mata menjadi cepat rusak juga membahayakan bagi keselamatan kita dan orang-orang disekitar kita.
Sekian bacaan dari saya mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa perbanyak membaca buku supaya kita lebih pintar akan tetapi penulis mengingatkan jaga kesehatan mata, Karena MATA ADALAH JENDELA DUNIA. Akhir kata Terimakasih.

No comments:

Post a Comment