ab

Tuesday 26 August 2014

Tips Cara Belajar Yang Baik

Berdasarkan hasil penelusuran di dunia maya dan juga di kehidupan sehari-hari yang juga pernah di buktikan oleh penulis. Penulis dapat membagikan sedikit cara belajar yang baik sehingga dapat bermanfaat di kemudian hari.

1. Niat dan doa
Tanpa adanya niat dan doa maka yang kita pelajari akan sia-sia. berdoalah agar mendapat ilmu yang bermanfaat di dunia juga di akhirat

2.Ciptakan suasana yang kondusif
Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang kita pelajari itu masuk ke otak, kita harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga tidak mengganggu konsentrasi. Belajar di taman adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan tidak membosankan dalam belajar.

3. Perhatikan garis besarnya materi
Jika membaca bahan pelajaran yang baru, jangan langsung masuk ke inti materi. Kita dapat lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Lihat terlebih dahulu semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. kalau membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

4. Buatlah catatan ringkas dari materi pelajaran
Jika kita meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah note yang dapat di save kedalam perangkat gadget, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kamu menulisnya kedalam note, kamu pasti membaca materinya lagi, Itu akan membuat kita cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu dimasukan kedalam handphone yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga dapat dibaca kapan dan dimanapun kamu berada. menarik kan?

5. Melatih Ingatan
Agar lebih mudah mengingat materi yang akan kamu hafal dapat diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci dengan formula yang mudah diingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu.dengan cara ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.

6. Belajarlah dengan tekun dan rutin.
Tips cara belajar yang baik dan paling ampuh adalah dengan tekun dan rutin. Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun  hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar yang baik seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.

No comments:

Post a Comment